Mau Apa dan Ke mana Setelah Lulus SMK- Uprak B.indonesia

 

ESAI

 

Judul: Mau Apa dan ke mana Setelah Lulus SMK

 



                Hai perkenalkan Nama saya Dea Destriani. Saya biasa dipanggil Dea atau De, Saya lahir pada tanggal 20 Desember 2004, sekarang saya berusia 18 tahun, saya anak ke tiga dari lima bersaudara, saya berasal dari keluarga yang sederhana, ayah saya seorang buruh harian lepas, dan ibu saya seorang ibu rumah tangga, saya sekarang tinggal di daerah buah batu, kota bandung.

                Setiap orang pasti memiliki cerita masing – masing tentang kehidupan nya, ada suka ada duka begitulah kehidupan, pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan sekilas tentang perjalanan hidup saya dari saya memulai pendidikan hingga saat ini.

                Seperti orang – orang pada umumnya pendidikan yang pernah saya tempuh yaitu mulai dari TK, SD,SMP, dan SMK, saya mulai masuk TK pada tahun 2010,dan masuk SD pada tahun 2011, saat itu saya berusia 7 tahun kurang dan saya lulus pada tahun 2017, setelah lulius saya melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi saya masuk SMP pada tahun 2018 dan lulus pada awal tahun 2020, saya melanjutkan ke SMK dan sampai saat sini saya masih menjadi salah satu siswi SMK atau dengan kata lain saya masih menjadi seorang pelajar. Masa – masa TK dan SD adalah masa - masa yang menyenangkan karena, menurut saya belum banyak hal – hal yang menyulitkan, namun saat saya memasuki masa – masa SMP banyak sekali  kesulitan – kesulitan  bagi saya, banyak sekali cobaan – cobaan yang sangat berat, tapi alhamdulillah saya berhasil melewati masa – masa itu. Saya pikir masa – masa itu sudah selesai sampai saat itu, namun ternyata tidak sejak saya masuk SMK banyak sekali pelajaran hidup yang baru saya pelajari.

                Saya akan menceritakan tentang masa – masa SMK saya, banyak sekali hal – hal yang tak terlupakan. Mulai dari pertemanan,  walaupun angkatan saya terkena pandemi Covid-19 namun kebersamaan kami tetap terjaga, kami terkena pandemi hampir kurang lebih 3 tahun, dan kami mulai beradaptasi dengan peraturan pemerintah untuk menjalankan kehidupan baru atau lebih banyak di kenal dengan kata `New Normal`, mulai dari masuk sekolah di jadwal, satu kelas yang seharusnya 36 siswa menjadi 18 siswa, dan kami tiba – tiba harus berpisah karena, kami harus melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) selama kurang lebih 6 bulan. Kami akhirnya berhasil melewati masa – masa itu, dan kami kembali ke sekolah pada bulan ke 6 dengan berita baik dari pemerintah bahwa sekolah di indonesia sudah remi di buka kembali dengan syarat menetapkan protokol kesehatan. Akhirnya kami merasakan kembali belajar langsung bersama guru - guru yang selama kelas 10 dan 11 mengajar kami lewat layar handpone, sedih jika harus mengingat. Kami sekrang semakin dekat satu sama lain, merasakan kembali betapa serunya masa masa sekolah ini, namun sayang kami hanya bisa merasakan msa – masa itu 1 tahun, banyalk sekali kenangan – kenangan yang tak terlupakan di satu tahun trakhir kami, kami melewati semuanya bersama – sama , apalagi 6 bulan terakhir, saat kami melaksanakan Kunjungan Industri di daerah Djogjakarta, Jawa Tengah kami banyak sekali berkunjung ke destinasi yang berkesan di jogja, memiliki teman baru di sana, waktu berlalu begitu cepat tak terasa kami menghabiskan waktu bersama sama selama 5 hari. Kurang dari satu bulan setelah kami melaksanakan Kunjungan Industri kami akhirnya menghadapi masa – masa yang paling menegangkan, Kami mulai sibuk dengan tugas – tugas yang di berikan guru kami, Karena, salah satu syarat lulus seorang siswa/siswi SMK itu Lolos Ujian Kompetensi dengan hasil K (Kompeten), setelah kami stres menghadapi ujian kompetensi, kami masih harus melaksanakan Ujian Sekolah, dan Ujian Praktik. Masa – masa ini mungkin akan saya kenang dengan baik. Karena, setelah semuanya selesai saya rasa akan menjadi PR untuk saya dapat mengajak mereka berkumpul  kembali, mereka memiliki cita – cita dan tujuan hidup yang tinggi sama hal nya seperti saya.

                Saya ingin sekali meneruskan pendidikan saya, masuk ke Universitas yang saya impikan menjadi seorang Mahasiswi, mendapat gelar yang saya harapkan, dan lulus dengan cepat. Semoga saya bisa keterima di Universitas yang saya inginkan Amiin. Meski saya tidak termasuk dalam siswa elijibel di sekolah itu tidak membuat saya putus asa untuk tidak mencoba dengan cara lain, saya coba mengikuti UTBK walaupun banyak yang menyangkal saya tidak bisa, karena, pada dasarnya lulusan  SMK itu siap untuk bekerja, namun bagi saya apa salahnya jika saya mencoba terlebih dahulu. Saya ingin sekali mendapatkan gelar S.Psi atau S.M di Universitas Pendidikan Indonesia yang bertempatan di JL. Dr. Setiabudi,kota bandung, jawa barat. Maka dari itu  saya akan berusaha sebisa saya untuk mendapatkan hasil UTBK di atas rata – rata yang di tentukan, namun  jika memang saya tidak ditakdirkan untuk masuk ke universitas negeri yang saya impikan saya akan mencari pekerjaan. Namun saya percaya tak ada usaha yang menghianati hasil.

                S.Psi dan S.M mengapa saya memilih fakultas atau jurusan tersebut?, Alasannya saya memiliki saudara yang terkena ganguan jiwa, ia masih tinggal bersama kedua orang tua nya dia tidak seperti orang dalam ganguan jiwa lainnya, hanya saja ia selalu merasa dirinya seperti anak – anak kontrol bicara yang tidak sejalur, emosi yang tidak bisa ia tangani sendiri, yang membuat saya salut adalah semangat kedua orang tua nya yang yakin bahwa anaknya bisa sembuh dan normal seperti anak – anak lainnya. Dan untuk gelar S.M, gelar itu di pilih oleh orang tua saya.

                Demikian Esai yang telah saya buat tentang perjalanan hidup saya dan tujuan saya setelah lulu SMK. Hidup ini adalah suatu perjalan, perjalan untuk mendapatkan ridho Allah SWT, jadi manfaatkan lah hidup dengan sebaik – baiknya. Jangan lupa bersyukur , Saya mohon maaf apabila dalam penulisan esai ini masih banyak kesalahan & kekurangan. Semoga pengalaman saya ini dapat menjadi inspirasi bagi pembaca, yang baik ambilah sebagai contoh, dan yang buruk ambilah hikmahnya untuk memperbaiki diri kita menjadi lebih baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam-macam Warna Dalam Desain Grafis

komponen dan elemen pembentuk UI

Jenis - Jenis, Prinsip, dan Fungsi Nirmana