Hubungan Antara Desain Grafis dan Marketing

 

Hubungan Antara Desain Grafis dan Marketing


Desain grafis dan marekting adalah dua bagian yang tidak dapat dipisahkan, dimana keduanya dapat menjalankan fungsi masing masing dengan saling bekerjasama dan saling melengkapi satu sama lain. Sudah menjadi sesuatu yang pasti jika pemasaran sebuah produk tertentu, pasti membutuhkan pengiklanan atau promosi. Dan untuk mengemas promosi dengan sedemikian rupa, banyak kalangan memanfaatkan desain grafis sebagai wahana menarik minat masyarakat terhadap produk tersebut. Pihak pemasaran pun mengobservasi macam -macam desain garfis yang terbaik untuk mendapatkan hasil desain yang maksimal.


Desain grafis memiliki peranan untuk merangkum sebanyak - banyaknya informasi mengenai brand yan hendak diluncurkan ke pasaran. Akan lebih efisien jika bahasa yang digunakan didukung dengan visualisasi gambar yang menarik sehingg lebih mengena di benak para konsumen. Pihak perusahaan tidak perlu berbicara panjang lebar untuk menjelaskan misalnya kelebihan dan keuntungan dari produk yang ingin dipasarkan tersebut, mereka hanya cukup mewakilkan presentasinya pada desain grafis. Itulah mengapa desain grafis dan brand marketing sangat penting.


Contoh desain grafis yang banyak dipakai untuk menaikkan pamor produk sebuah perusahaan adalah desain untuk pamflet, baliho, brosur, selebaran, dan lain - lain. Kombinasi yang tepat antara teks iklan dan gambar pendukung menjadi formula representatif untuk memasarkan produk sebuah perusahaan. Biasanya, dalam sebuah perusahaan, ada divisi khusus yang memang khusus menangani periklanan produk. Hal ini sangat lazim jika melihat keterkaitan hubungan antara desain grafis dan marketin yang memang sangat profit dan mutual.

Dengan adanya sebuah desain, kita meliha seberapa besar tujuan yang ingin dicapai oleh sebuah perusahaan akan tergambar melalui desain yang telah dibuat. Sebuah desain harus memiliki sebuah ke khasan sebagai pembeda dengan pesaingnya. Jadi desain grafis sangat berpengaruh sekali dalam marketing, sebuah brand/produk/perusahaan jika tak memiliki desain yang menarik maka akan sulit untuk di pasarkan, dan sebagus - bagusnya desain jika tidak dibarengi dengan branding atau marketing yang bagus itu percuma juga.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam-macam Warna Dalam Desain Grafis

komponen dan elemen pembentuk UI

Jenis - Jenis, Prinsip, dan Fungsi Nirmana