DESAIN GRAFIS SEBAGAI IDENTITAS VISUAL

 

Desain Grafis Sebagai Identitas Visual

Sistem identitas visual adalah suatu sistem komunikasi visual yang membentuk identitas dari suatu perusahaan, lembaga, maupun produk. Identitas visual sering digunakan untuk membedakan suatu produk/jasa dengan produk/jasa dari pesaing sehingga costumer akan dengan mudah mengidentifikasi suatu merek hanya dengan melihat sebagian tampilan visualnya. Secara umum, sistem identitas visual mencakup beberapa hal sebagai berikut: 

1. Logo Design


Logo adalah bagian terpenting dari rangkaian sistem identitas visual. Karena logo biasanya memiliki aspek unik dari segi bentuk yang membuatnya sangat mudah diidentifikasi oleh audiens.

2. Typography Standards


Tipografi dan pemilihan jenis huruf (font) dapat membantu memperkuat suatu identitas selama penerapannya konsisten. Huruf mengkonversi bahasa verbal menjadi visual dalam berbagai media promosi maupun informasi.

3. Color Palette




Penerapan warna yang konsisten menjadi faktor kunci bagi keberhasilan suatu sistem identitas visual. Warna secara psikologis akan mempengaruhi ingatan audiens terhadap suatu entitas tertentu.

4. Photography/Ilustration Style


Peran fotografi ilustrasi kentara belakangan ini sebagai salah satu alat promosipaling ampuh. Pada sistem identitas visual, style fotografi dan ilustrasi digabungkan sedemikian rupa dengan visual lainnya untuk menghasilkan suatu 'rasa' dan kombinasi yang harmonis.

5. Visual Guidelines


Guidelines/standard manual dibutuhkan sebagai acuan dasar penerapan identitas visual dari suatu brand. Dalam guidelines diatur detail - detail yang dibutuhkan ketika identitas visual hendak diaplikasikan






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam-macam Warna Dalam Desain Grafis

komponen dan elemen pembentuk UI

Jenis - Jenis, Prinsip, dan Fungsi Nirmana